Kesehatan

Pemkab Wajibkan Kader Posyandu Miliki SK

redaksi | Senin, 15 Juli 2013 - 15:16:52 WIB | dibaca: 403 pembaca

Bantenbox.com – Serang, Pemkab Serang berencana akan mewajibkan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) untuk pengangkatan bagi para kader Pos pelayanan terpadu (Posyandu) di desa-desa. Penerapan SK menyusul adanya masukan sering bergantinya anggota kader Posyandu setiap pergantian Kepala Desa (Kades).

Wakil Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengatakan, dengan begitu akibatnya dengan kader posyandu yang baru Pemkab harus kembali melakukan pembinaan ulang yang tentu menyita waktu dan biaya sepereti ada beberapa kader Posyandu yang mengeluh jika kader posyandu diganti-ganti oleh Kades yang baru.

“Seharunya kader posyandu tidak berganti-ganti. Mereka itu orang-orang terlatih dalam bidang kesehatan masyarakat dan tidak bisa digantikan seenaknya. Oleh karenanya kami berencana akan membuat SK bagi kader posyandu untuk melindunginya,”ujar Tatu di Serang, akhir pecan kemarin.

Menurut Tatu, keberadaan kader posyandu memiliki nilai strategis yang tentu Pemkab Serang akan terasa rugi jika yang keluhan kader posyandu benar terjadi. Hal itu tidak menutup kemungkinan upaya yang dilakukan Pemkab akan sia-sia jika kader posyandu yang sudah terdidik dengan mudahnya diganti dengan kader yang baru namun belum terdidik.

“Ya pastinya mubazir, kader posyandu yang sudah terdidik malah menjadi non aktif karena diganti begitu saja oleh Kades yang baru terpilih,” katanya.

Masih menurut Tatu, jika memang Kades ada yang berniat memasukan kader posyandu yang baru, tidak perlu menggantinya dengan kader posyandu terdahulu. Ajukan saja penambahan bukan penggantian karena jumlah kader posyandu tidak dibatasi.

“Untuk merealisasikan SK tersebut saya akan berkordinasi lebih lanjut mengenai mekanisme penerbitan SK siapa yang berwenang menerbitkan maupun masa berlakunya,” imbuhnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang, Sri Nurhayati mengaku, pihaknya tengah melakukan kesiapannya jika Pemkab Serang mengundang dalam pembahasan SK bagi para kader posyandu.

“Memang pada dasarnya pelayanan kesehatan seperti Posyandu dilakukan oleh orang-orang yang terlatih dan diakui. Salah satu yang menjadi tolak ukurnya memng dari SK,” katanya.(Slh)










Komentar Via Website : 1
Obat Kolesterol
12 Oktober 2013 - 14:03:20 WIB
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)